Pages

Sunday, December 25, 2011

Designee par Moi

Pardonne moi,,, Wahai hadirin dan hadirot yang dirahmati mbah google, saya ini lagi sering - seringnya deh ya ngalamin penyakit lupa tingkat akut (yaolo... neng,, dapet salam dari sesama penderita #Nunun Nurbaeti). And yess,, saya baru inget kalo belom kasi informasyiong sur notre carte d'invitation (re : kartu undangan kita). Ini juga keingetan pas saya lagi asik - asik sabunan pas mandi kemaren sore (mohon maap nuhun permisi,, saya ini penganut aliran mandi sehari sekali, tapi ga kentara ko,, kulit putih bak warna gula impor ini mana ada orang pecaya kalo saya jujur bilang jar-man alias jarang mandi..)

Kembali ke mas topik..

Perburuan mencari percetakan undangan ini sifatnya gam gam sus alias gampang - gampang susye. Sehari setelah para mamih dinas di Passer Baroe (baca : Pasar Baru), saya dan mami langsung melanglang buana ke salah satu daerah sentra percetakan yang ada di sepanjang jalan raya Bogor atao yang persisnya terletak di seberang SMP 49. Patokannya dari arah Pasar Rebo menuju Kramat Jati, persis setelah pertigaan yang dikenal dengan nama Hek. Naaah,, di daerah situlah ente - ente bisa liat, bejejer malih itu yang namanya kios - kios percetakan.

Beberapa hari sebelum saya dan mami kesitu, mami pun sempet lewat sentra percetakan tersebut sambil matanya jelalatan liat atu - atu secara fisik mana siiih,, kios yang sekiranya high quality-lah.. And menurut dese.. Tinta Emas!!

Untuk urusan cetak - mencetak undangan ini, saya emang dapet banyak info soal percetakan murmer di daerah Depok sana yang booming banget.. (tapi sayang,, belakangan jadi pada banyak komplain ya..) atau juga percetakan yang ada di Pasar Tebet yang banyaknya naudzubillah.. Hampir 70% teman yang udah merit, menyarankan saya untuk cetak disitu. Tapi saya bukan orang yang latahan untuk ikut ini ato ikut itu karena yang saya cari justru adalah vendor yang berkualitas tapi sebaiknya jangan yang sedang menangani banyak client supaya si vendor bisa bekerja maksimal untuk permintaan kita.

Dan Tinta Emas - lah yang jadi final decision untuk cetak undangan kita. Pas pertama kali kesitu, saya bingung bak tupai manjat di pohon toge lantaran saya ga nemuin contoh undangan yang sreg di hati. Alhasil, kali kedua dan ketiga saya kesana, saya dipersilakan kheseus untuk masuk ke ruang desain dan bikin sendiri draft undangan yang saya mao. 

Berdasarkan petunjuk hasil nongkrong diatas baskom di tempat cucian lantai atas rumah saya, dapetlah ide untuk draft undangan yang pas dan mencirikan saya pribadi serta tema dari tasyakuran acara saya dan Monsieur Q nanti. Secara fisik, saya pengen undangan saya itu ga pake amplop dan engga pake banyak halaman sehingga pada saat membuka undangan, udah bisa diliat keseluruhan informasi nama mempelai, waktu, nama ortu, lokasi, dan denah lokasi. Selain itu, cover depan pun juga bisa berperan sebagai pengganti amplop. 

Dari apa yang saya inginkan itulah, saya pun bikin draft undangan yang dipandu sama Mas Jaja, bagian desain Tinta Emas, yang jadi objek penderita saya lantaran kena cubit dan gebukan kertas pas warna yang dia pasang di lay-out ga sesuai keinginan saya.. Satu hal yang minus dari Tinta Emas ini yaitu mereka ga punya email atas nama percetakan sehingga kalo kita mao revisi draft, kita kudu dateng kesitu dan nongkrong lagi di ruang desain. Emang sih,, kalo kita yang terjun payung sendiri untuk nanganin draft akan lebih maksimal hasilnya. But,, ya itu,, kita harus rajin - rajin dateng kesana..

Keempat kalinya dateng kesana, saya dan Monsieur Q sama - sama ambil cuti nyambangin Tinta Emas untuk dandanin draft undangan supaya bisa langsung naek cetak secara saat itu udah akhir November dan pengennyaaa... pertengahan Desember udah kelar. Revisi draft pun cuma 15 menitan dan selebihnya kita ngobrol dengan Pak Budi, owner Tinta Emas. Beliau ini adalah sosok family man yang ga sekedar pemilik vendor tapi juga suka nasehatin saya loh soal seluk beluk rumah tangga. Monsieur Q aja yang baru sekali ketemu langsung sreg pas ngobrol dengan Pak Budi. Dalam kesempatan ini, saya juga minta supaya pesanan saya bisa diselesaikan pertengahan bulan. Saat pertemuan pertama dengan Pak Budi, beliau menjanjikan untuk selesai paling lamaaaa... itu adalah tanggal 29 Desember. Tapi kalo dipikir - pikir, sebaiknya lebih cepet deh yaa.. udah ga sabar pengen liat nama sendiri mejeng di undangan.. "mbak Tella maunya tanggal berapa? Saya tergantung request mbak aja..", kata Pak Budi. Nah loh,, dia sendiri yang nawarin tanggal.. "kalu 17 Desember kumaha Pak? Bole gaaa??" and he said, "ok, nanti saya tilpun mba Tella ya.. Insya Alloh bisa selese tanggal segitu." 

Voyez ici,, sekilas draft undangan hasil pertapaan saya ditemenin baskom cucian kesayangan si bibi..


c'est le premier page de notre carte d'invitation
Sampe sekarang saya sendiri ga pecaya loh,, akhirnya bakat terpendam yang selama ini ngumpet di balik usus 12 jari untuk bisa nge-desain (I've the passion on it looh..), bisa tercurahkan dalam pembuatan draft undangan. See.. red has the main role in colouring our invitation. Dengan Tinta Emas, saya pun engga cuma pesan undangan aja tapi juga untuk souvenir dan ucapan terima kasih. Untuk harganya pun masi masuk akal ko,, malah saya bilang engga beda jauh dengan si murmer dari Depok sono.. beti laaah..

Now the question is,, apakah undangan beserta teman - temannya ini bisa selesai di waktu yang dijanjikan?? 

Attendez moi a la poste suivante.. :)

No comments: