Pages

Friday, February 07, 2014

Notre Cher Bebe.. Harfi (part 5 - the end)

Deeuhh.. jarang - jarang deh nih, dalam dua hari bisa langsung dua postingan. Baiklah.. demi otak yang lagi kompak diajak buat nulis, marilah kita selesaikan postingan ini!! *menatap keyboard*

Minggu, 4 November 2012

Hari ini kita berdua emang udah rencana untuk ke RS dan berharap banget nget ada keajaiban untuk bisa bawa Harfi pulang ke rumah. Namanya juga ngarep yaa.. 

Seperti kemarin, Monsieur Q pergi dulu pas paginya untuk anterin asip dan dia akan kembali ke RS dengan saya menjelang siang.

Perasaan saya kembali campur aduk tapi berusahaaa banget untuk ga dipikirin supaya asi saya ga mampet lagi. Namanya naluri ibu yaa, begitu liat anak langsung hepi pengen lari trus peluk, tapi piyee? Wong masih disinar?? 

pengen bawa pulaaaang!!!
Jadi yaa bu suster nyaranin saya untuk nenenin saat Harfi bangun karena otomatis si lampu akan dimatiin dulu. Sambil nunggu Harfi bangun, saya dan suami ngobrol - ngobrol dengan suster soal Harfi. Ternyata dsa nya memang belum mengijinkan Harfi untuk dibawa pulang dan dijadwalkan akan kembali menjalani tes hari Senin, tepatnya setelah melewati 24 jam pertama penyinaran. Saat itu, Harfi langsung ditangani oleh suster karena bu dsa nya sedang seminar di luar kota.

Kegiatan kami di RS pun kurang lebih sama seperti kemarin. 

Ada kejadian menyedihkan disaat kami di Perina, jadi di ruang NICU ada seorang bayi yang sedang dalam masa kritis. Hasil kepo-an saya, si bayi mengalami gangguan jantung. Orangtua dan nenek kakeknya pun komplit ada di sana. Yang menjadi perhatian kami, ternyata salah satu kakeknya adalah profesor ahli jantung di RS ternama. Dia pun menginstruksikan suster untuk melakukan tindakan ini itu terhadap si cucu, tapi suster tidak menjalani apa yang beliau minta karena si kakek ini kan bukan dsa si bayi jadi beliau tidak punya wewenang untuk kasih instruksi apapun. Singkat kata, si dedek bayi pun meninggal karena kondisinya sudah gawat. 

Suami saya langsung ajak saya ke ruangannya Harfi supaya mental saya tidak terpengaruh dengan kondisi menyedihkan di ruangan depan kita

Senin, 5 November 2012

Tepat seminggu Harfi lahir dan kami pun bertekad untuk membawanya pulang hari ini. Berharap banget hasil tes nya hari ini bagus dan bisa dilaksanain pagi supaya kami bisa segera liat hasilnya. 

alhamdulillah.. Harfi sudah tidak disinar..
Setelah makan siang, saya dan mamih pergi ke RS dengan harapan besar bahwa pas pulang nanti, si bocah udah ikut sama kita. Dan Monsieur Q udah ijin setengah hari dari kantornya dan bakal ketemuan di sana. 

Di RS, saya agak kecewa karena Harfi ternyata belum menjalani tes untuk mengetahui kadar bilirubinnya. Saya langsung datang ke suster dan minta supaya Harfi segera menjalani tes tersebut. Setelah minta persetujuan dsa Harfi by phone, akhirnya tes tersebut pun dijalanin. Maksudnya saya, kan kalo hasil tes keluar bisa langsung dianalisis sama dsa penggantinya, yang akan visit Harfi jam setengah 3 sedangkan saat itu sudah jam 1 lewat!! 

Para suster juga sangat - sangat membantu agar hasil tes Harfi bisa diprioritaskan. Mereka mengerti betapa kami ingin sekali membawa Harfi pulang - dengan catatan harus dengan persetujuan dsa pengganti

Saat dsa pengganti berkunjung di ruangan sebelah Harfi, hasil tes nya pun datang, langsung diantarkan oleh kepala ruangan lab. 

Suster yang menerima hasil tes tersebut, mendatangi saya dan bilang, "syukur alhamdulillah bu.. Insya allah dedeknya bisa pulang karena bilirubinnya sudah normal." *lupa deh waktu itu ada di angka berapa?* "Beneran nih sus?" Dan si suster yang udah cs ma saya ini pun langsung kasih liat hasil lab Harfi. Padahal mah, pan itu harus si dsa pengganti duluan yang liat yak? 

Tiba giliran Harfi diperiksa, dsa pengganti pun minta suster untuk hubungi dsa nya Harfi di luar kota untuk info jika Harfi sudah bisa dibawa pulang besok. Monsieur Q pun nawar ke pak dsa pengganti, agar bisa pulang hari ini. Setelah semenit mikir, beliau pun mengijinkan. Alhamdulillaaaaaah..... 

Sebelum pulang, saya dipanggil suster untuk diajarkan beberapa hal untuk perawatan Harfi termasuk tindakan yang bisa saya lakukan jika ada kondisi Harfi yang mengkhawatirkan. Di lantai bawah, Monsieur Q pun menyelesaikan administrasi dan yaaaah.. emang ga murah ya ceu' kalo bayi sakit! Biaya yang harus kami keluarkan untuk Harfi, jauh lebih besar dari biaya persalinan saya. kalo ditotalin mah, setara dengan persalinan sectio caesar kelas VVIP di RS elit daerah Brawijaya sana. Okelah,, mari kita hidup hemat dari sekarang!! *menatap rekening* *kibas kartu atm*

******

Hamdalah.. Pasca dirawat, Harfi pun tumbuh sehat. Meskipun disaat kontrol pertama ke dsa nya, berat badan Harfi kurang dan dia sampe diresepin vitamin segala loh! Tapi ga saya kasih ke Harfi, saya terus nyusuin dan nyusuin.. 

Sekarang di usianya ke 15 bulan, si bocah tumbuh sehat dan makin doyan makan kaya bundanya. Dan sekarang lagi doyan banget ngoceh!!





No comments: